Kajian Kapasitas, Pelayanan Dan Strategi Pengembangan Bandar Udara El Tari Kupang

Authors

  • John Hendrik Frans Program Magister Rekayasa Transportasi Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Brawijaya Malang
  • Harnen Sulistio Program Magister Rekayasa Transportasi Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Brawijaya Malang
  • Achmad Wicaksono Program Magister Rekayasa Transportasi Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Brawijaya Malang

Abstract

Abstrak

Pengembangan Bandar Udara sebagai bagian dari sistem transportasi harus dilakukan melalui spektrum yang luas, menyeluruh, terkoordinasi dan konsisten. Pengembangan Bandar Udara El Tari Kupang tentunya membutuhkan kapasitas kebutuhan ruang, pelayanan serta strategi yang tepat dalam pengembangannya, penelitian ini untuk membuat model kebutuhan kapasitas ruang dan kapasitas pelayanan penumpang serta merumuskan strategi pengembangan Bandar Udara El Tari  ke depan untuk merespon pertumbuhan pergerakan penumpang dan pesawat. Berdasarkan Hasil Analisa sesuai Standard Nasional Indonesia SNI-03-7046-2004 tentang kapasitas terminal sampai tahun 2025 masih memberikan kapasitas pelayanan yang cukup memadai sedangkan berdasarkan IATA metode (International Air Transport Association), Airport Development Manual 1995 kapasitas pelayanan ruang yang ada terlewati pada tahun 2023 dan berdasarkan metode IATA (International Air Transport Association), Airport Development Manual 2004 kapasitas pelayanan ruang yang ada terlewati pada tahun 2018  serta  berdasarkan analisa kapasitas sisi udara dengan menggunakan Metode FAA (Federal Aviation Administration) yang termuat dalam Advisory Circular (AC) 150/5060-5 diperoleh kapasitas pelayanan pada sisi udara masih memadai hanya panjang runway yang ada perlu diperpanjang sesuai dengan pesawat rencana B-737-900ER, maka berdasarkan hasil analisa  kapasitas pada sisi darat dan udara dengan analisa regresi  metode  stepwise software SPSS 17 diperoleh model kebutuhan kapasitas terminal pada sisi darat (terminal) dan model kapasitas sisi udara sedangkan untuk analisa pelayanan pada Bandar Udara El Tari Kupang menurut persepsi pengguna jasa transportasi udara dengan perhitungan customer statifaction index diperoleh nilai sebesar 65,31% dengan tingkat kesesuaian sebesar 80,03% atau pelayanan yang ada masih baik karena pengguna merasa cukup puas dan untuk rekomendasi strategi pengembangan Bandar Udara El Tari Kupang dengan analisa matriks SWOTdari faktor Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weakness), Peluang (Oppurtunity),  Ancaman (Threats) diperoleh beberapa strategi yang dapat  digunakan dalam rencana pengembangan dan peningkatan pelayanan pada Bandar Udara El Tari Kupang

 

Kata Kunci: Terminal penumpang,FAA (Federal Aviation Administration), IPA (Importance Peformance Analisys), SWOT

Downloads

Issue

Section

Articles